pendidikan

pendidikan
ayo belajar

Selasa, 02 Maret 2010

Makalah Kepribadian Sanguinis

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam dunia pendidikan kita sebagai seorang calon guru sebaiknya mengerti tentang kepribadian diri kita sendiri dan kepribadian peserta didik. Sebab hal ini merupakan sebuah pijakan yang baik untuk mengawali suatu proses pembelajaran yang baik juga.

Pada dasarnya kepribadian dari diri seseorang merupakan suatu cerminan dari kesuksesan. Seseorang yang mempunyai kepribadian yang unggul adalah seseorang yang siap untuk hidup dalam kesuksesan. Sebab dalam kepribadian orang tersebut terdapat nilai-nilai positif yang selalu memberikan energi positif terhadap paradigma dalam menghadapi tantangan dan cobaan kehidupan. Sebaliknya, seseorang dengan kepribadian yang rendah adalah seseorang yang selalu dilingkupi dengan kegagalan.


















BAB
PEMBAHASAN
KEPRIBADIAN SANGUINIS


Dalam buku Personality Plus (Florence Littauer) dipaparkan tentang 4 macam kepribadian yaitu :
1. Sanguinis.
2. Melankolis,
3. Phlegmatis dan
4. Kholeris,

Konon 4 tipe kepribadian tersebut yang mendasari pula karakter tokoh-tokoh dalam F-4 (Meteor Garden), serial TV yang sempat booming beberapa waktu lalu. Biasanya seseorang merupakan gabungan dari beberapa kepribadian, misalnya : Melankolis-Kholeris, yang artinya dominan Melankolis dan sedikit Kholeris. Tapi bila kamu hanya mempunyai satu tipe yang dominan misalnya Sanguinis saja, berarti tipemu adalah Sanguinis sejati.

Setiap orang menginginkan kepribadian yang lebih baik. Kita semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri. Setelah kita tahu siapa diri kita maka kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain. Begitu kita memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari diri kita maka kita akan mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik.

A. Pengertian Kepribadian Sanguinis
Kepribadian sanguinis adalah kepribadian yang popular dan kepribadian yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Dia suka cerita, banyak omong ( bicara ), dan selalu menjadi pusat perhatian dari orang –orang disekitarnya. Orang sanguinis gampang bergaul dan mudah berteman. Salah satu kelemahannya adalah sifatnya yang moody, atau tergantung suasana hati. Kadang ia cepat gembira, namun tiba – tiba menangis, atau sebaliknya. Profesi yang kuat di bidang entertainment / hiburan biasanya diwarnai dengan orang – orang yang bertipe sanguinis.

Kepribadian sanguinis juga bisa disebut dengan kepribadian yang bersifat kekanak – kanakan. Dia orangnya aktif tapi tanpa pengelolahan dan emosi agak dangkal. Cepat dirangsang sehingga hidup batin agak riang tapi perasaan tidak mendalam sehingga memberi kesan kekanak – kanakan dalam arti positif dan negative. Benci pada hal rutin dan suka variasi. Lekas bosan dan suka main kupu – kupuan di bidang pekerjaan dan pemikiran.
Kepribadian ini ditandai oleh sifat yang mudah dan kuat menerima kesan atau pengaruh kejiwaan, tetapi yang tidak mendalam dan tidak tahan lama. Adapun sifat – sifat khas golongan ini ialah :
• Suasana perasaannya selalu penuh harapan
• Dengan senang menolong orang lain tetapi tidak dapat sebagai sandaran
• Dalam pergaulan peramah dan periang
• Umumnya bukan penakut, tetapi kalau bermasalah sukar bertaubat
Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh kepribadian sanguinis
1. Dalam Emosi
A. Kekuatan Emosi
 Kepribadian menyenangkan
 Suka berbicara dan bercerita
 Menghidupkan suasana pesta
 Selera humor yang baik
 Ingatan akan warna
 Antusia n dan ekspresif
 Ceria dan slalu gembira
 Penuh rasa ingin tahu
 Bermata lebar dan polos
 Hidup dimasa sekarang
 Berhati tulus
 Tetap menjadi anak – anak
B. Kelemahan Emosi
 Suka bicara
 Membesar besarkan
 Menyukai perincian
 Susah mengigat nama
 Membuat orang lain takut
 Sebagian terlalu bahagia
 Energi yang tak mau diam
 Egoistis
 Suka mengeluh
 Kekanak – kanakan
 Suara dan tertawa keras
 Dikendalikan keadaan
 Mudah marah
 Tampak palsu bagi sebagian orang
2. Dalam Kerja
A. Kekuatan Kerja
 Mengajukan diri secara suka rela
 Memikirkan kegiatan baru
 Tampak hebat dipermukaan
 Kreatif dan penuh warna
 Punya energi dan semangat
 Mulai dengan cara yang hebat
 Mengilhami orang lain untuk bergabung
 Mempesona orang lain untuk bekerja
B. Kelemahan Kerja
 Lebih suka berbicara untuk bekerja
 Melupakan kewajiban
 Tidak mengikuti sampai tuntas
 Keyakinan cepat luntur
 Tidak disiplin
 Prioritas kacau
 Memutuskan dengan perasaan
 Mudah teralihkan perhatiannya
 Membuang – buang waktu dengan bicara



3. Dalam bergaul dengan teman - teman
A. Kekuatan
 Mudah berteman
 Menyukai orang lain
 Terdorong oleh pujian
 Tampak menggembirakan
 Dicemburui oleh orang lain
 Tidak menyimpan dendam
 Cepat minta maaf
 Mencegah saat membosankan
 Menyukai kegiatan spontan
B. Kelemahan
 Benci sendirian
 Perlu menjadi pusat perhatian
 Ingin popular
 Mencari penghargaan
 Mendominasi percakapan
 Menyela dan tidak mendengarkan
 Menjawab untuk orang lain
 Tidak tetap dan pelupa
 Menyukai kegiatan
 Mengulangi cerita

Kombinasi kepribadian sanguinis antara lain :

 Sanguinis-Koleris
Tipe kombinasi sanguinis-koleris adalah tipe orang yang paling terbuka dibandingkan kombinasi kepribadian lain. Dengan sifat dominan kepribadiannya yang terbuka, optimis, dan menyukai kenikmatan, orang dengan tipe ini mampu menjadi pemimpin hebat tanpa mengorbankan aspek produktifitasnya. Tipe kombinasi ini merupakan pribadi yang mempesona, kreatif, dan berani mengambil keputusan.
Orang tipe ini sangat mudah menjalin relasi dengan orang lain dan pandai mengambil manfaat dari hubungan baik tersebut. Orang ini kadang-kadang dipandang rendah atau underdog oleh orang lain karena mungkin banyak bicara dan melontarkan humor serta terlalu mudah bergaul dengan orang lain. Namun, di balik anggapan itulah sifat bawaan tipe koleris yang ada padanya justru menjadi dominan dan dia leluasa membalikkan keadaan untuk mencapai tujuan. Orang yang punya banyak ide kreatif ini juga punya energi besar untuk mewujudkan tujuan tersebut dibandingkan dengan orang tipe sanguinis murni.
Tidak adanya sisi intelektual dan hasrat bertindak dengan cara yang benar merupakan kelemahan tipe kombinasi ini. Sifat humoris sanguinisnya dapat melukai perasaan orang lain jika dikombinasi dengan sifat kolerisnya yang suka memandang rendah orang lain. Sifat tidak suka hal-hal detail membuatnya mudah tertekan karena selalu kekurangan waktu dan tugas yang semakin menumpuk dari waktu ke waktu.
Kombinasi tipe koleris dan sanguinis akan memunculkan sifat-sifat kepribadian terbuka, yang cenderung menampilkan diri apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Hal ini berbeda dengan tipe koleris murni yang kadang-kadang bisa menyembunyikan penampilan terbukanya di balik kuatnya keinginan untuk mencapai tujuan. Orang dengan tipe kombinasi kepribadian ini mempunyai antusiasme dan optimisme yang tinggi dalam bekerja dan tidak terlalu otoriter seperti halnya tipe koleris murni atau tipe kombinasi koleris-melankolis. Disamping itu, mereka mampu menggunakan keunggulannya dalam sosialisasi dengan orang lain untuk memotivasi dan memengaruhi orang agar sejalan dengan tujuannya.
Orang ini mempunyai energi yang sangat besar untuk memulai pekerjaan baru, serta dapat menindaklanjutinya secara konsisten dan cepat seperti bawaan sifat kolerisnya. Dia juga mampu menggunakan kekuatannya untuk mengajak orang lain bekerja sama dengannya serta menyelesaikan konflik yang ada di antara mereka. Selain itu, orang ini punya jiwa kepemimpinan yang simpatik dan mampu berdebat dan bernegosiasi dengan baik serta—yang lebih penting
Lagi mampu menyakinkan orang lain bahwa dia benar.
Kelemahan tipe ini adalah mudah marah dan suka memaksakan kehendak kepada orang lain. Kemampuan melihat kebenaran dan objektifitas suatu masalah atau perangai orang lain di sekitarnya tidak sebesar tipe melankolis atau kombinasi koleris-melankolis sehingga keputusan yang diambilnya masih dipengaruhi unsur subjektifitas. Si koleris-sanguinis ini mudah marah, namun juga cepat memaafkan dan melupakannya. Jika dikritik orang lain, dia cenderung akan berdalih dan tetap tidak mau mengakuinya. Sifat negatif lainnya adalah kurangnya ketelitian dalam bekerja yang diakibatkan kombinasi dua tipe yang memang tidak suka terhadap hal-hal kecil dan detail.
 Sanguinis-Phlegmatis
Orang bertipe sanguinis-phlegmatis biasanya terbuka, optimis, mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain, dan disukai. Sisi sanguinis membuat dia kreatif, antusias, ramah, dan dapat menginspirasi orang lain. Sementara itu, sisi phlegmatisnya membuat dia berhati-hati dan sensitif terhadap perasaan orang lain. Dia menghendaki hubungan harmonis dengan orang lain dan berniat menjaga hubungan itu sebaik mungkin.
Orang tipe ini cenderung melihat ke dalam dirinya jika mengalami kejadian yang berpotensi mengganggu hubungannya dengan orang lain. Misalnya, jika seorang atasan berkata, "Kita ternyata tidak dapat mencapai target penjualan bulan ini." Bawahan yang bertipe sanguinis-phlegmatis akan berpikir, "Apakah dia marah kepada saya, ya?" Jadi, orang tipe ini mempunyai perasaan yang dua kali lebih peka dibandingkan tipe lain, dan sangat mengutamakan keharmonisan hubungan dengan orang lain. Dengan demikian, tipe ini adalah teman yang paling menyenangkan dibandingkan tipe lain atau tipe kombinasi lain karena dia mudah bergaul, kreatif, mudah diajak bersenang-senang, penuh perhatian, dan suka membantu rekan-rekannya secara spontan.
Kelemahannya adalah kurang berani mengambil keputusan, kurang terorganisasi, dan suka menunda pekerjaan. Jika beium menguasai pekerjaannya, mereka cenderung banyak omong bukannya berusaha menguasai detail pekerjaan itu. Jika akan mengambil keputusan, mereka cenderung bertanya dan meminta nasihat orang lain. Kadang-kadang mereka juga mengabaikan pandangan objektifnya sendiri karena terdorong oleh hasrat kepribadiannya yang ingin berkomunikasi dengan orang lain dan berusaha memuaskan semua pihak, termasuk menuruti saran-saran yang mungkin dalam hati kecilnya sendiri tidak disetujuinya. Akhirnya, masukan-masukan orang lain kadang-kadang justru semakin membingungkannya dalam mengambil keputusan. Kekuatannya untuk mengajak orang lain bekerja sama dengannya serta menyelesaikan konflik yang ada di antara mereka. Selain itu, orang ini punya jiwa kepemimpinan yang simpatik dan mampu berdebat dan bernegosiasi dengan baik serta yang lebih penting lagi mampu meyakinkan orang lain bahwa dia benar
Sesuai sifatnya, orang tipe sanguinis-phlegmatis sangat boros uang, terutama untuk keperluan belanja, bersosialisasi dengan teman-temannya di cafe, dan sebagainya karena dia punya hasrat besar untuk bersosialisasi dan menyenangkan pihak lain. Jika sadar bahwa keuangannya memburuk dan pekerjaannya banyak yang tertunda, yang dilakukannya hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan, atau berbelanja lagi.


B. Penerapan Kepribadian Sanguinis dalam pembelajaran

1. Guru Sanguinis
Guru sanguinis mungkin tidak sehebat potret diri kepribadian lain, tetapi prilaku mereka selalu menampakkan kesenangan. Kepribadian yang meluap-luap dan pesona mereka yang memiliki daya magnetis yang kuat. Pribadi guru ini punya sekolompok penggemar dari peserta didik yang selalu menyertai mereka. Walaupun kegiatan menyenangkan sanguinis kadang-kadang lepas kendali, sang guru sanguinis sangat pandai dalam memunculkan kepribadiannya secara menarik. Sebagai pengajar, guru sanguinis cenderung menjadi guru menggembirakan, membujuk dan mengilhami, tetapi mudah lupa dan kurang baik dalam persiapan dan ketuntasan dalam pengajaran.
2. Murid Sanguinis
Mengenal Murid Sanguinis
• Kenali kesulitan mereka dalam menyelesaikan tugas
• Sadarilah mereka bicara tanpa berpikir lebih dulu
• Sadarilah mereka menyukai variasi dan fleksibelitas
• Bantulah mereka agar tidak menerima lebih dari yang bisa mereka lakukan
• Jangan harapkan mereka mengingat janji pertemuan atau tepat pada waktunya
• Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang dapat mereka raih
• Ingat bahwa mereka orang yang terpengaruh oleh keadaan
• Bawakan mereka hadiah: Mereka menyukai mainan baru
• Terimalah kenyataan bahwa mereka mendapatkan kesenangan dari apa yang akan memalukan orang lain
• Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik



























BAB III
PENUTUP


Kesimpulan


Kepribadian sanguinis itu merupakan bentuk kepribadian yang popular namun selain itu juga sanguinis merupakan bentuk kepribadian yang kekanak - kanakan. Kepribadian ini ditandai oleh sifat yang mudah dan kuat menerima kesan atau pengaruh kejiwaan, tetapi yang tidak mendalam dan tidak tahan lama.
Dalam pembelajaran, kepribadian sanguinis bagi guru dapat menjadi pembujuk, menciptakan suasana senang, di gemari oleh muridnya, dll. Dan kita sebagai calon guru harus dapat mengenali murid tipe sanguinis seperti kesulitan dalam mengerjakan tugas, memberikan pujian, agar sesuai dalam memberikan pembelajaran.

















BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Kepribadian dan perubahannya oleh M.A.W Brouwer dkk, Edisi dua.
Psikologi Kepribadian oleh Sumadi Suryabrata( BA, Drs, MA, EdS,Ph.D ) Universitas Gajah Mada.
Artikelkamal.blogspot.com/2009/04/sanguinis.html
Kombinasi 4 kepribadian (sanguin melankolis plegmatis kolerisoleris)
Dipasang: Monday 24 August 2009 - Komentar 8 [ Komentar ] - Jejak Balik 0 [ Jejak Balik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar