pendidikan

pendidikan
ayo belajar

Kamis, 04 Maret 2010

Gendhingan/Gemelan

Riwayat
Tahun jaywaha, suryasangkala katingal pangrasaning janma (162) masa palguna, candrasangkala swara karengeng jagad (167), sri paduka maharaja dewabuda yasa gamelan 'lokananta' kang awujud wilahan saking gangsa, ingkang sak mangke kasebat demung
Suryasengkala bagahaning swara angrenggani swarga (269), tahun tarha candrasengkala swara matenggeng karna (287), masa kartika, hyang Endra nyipta piranti gamelan ingkang dipun wastani 'surendra' awujud gending (sak meniko dipun sebut 'rebab'), kala (kendang), sangka (gong),pamatut (kethuk), lan sauran (kenong) suryasengkala karengeng karna tri (326) tahun wakdaniya candrasengkala karenggeng gunakaton muluk (336), masa palguna hyang endra ngutus batara citrasena dateng negeri purwacarita ngasta gamelan 'surendra' supados dipun parengaken dumateng maharaja kano, bilih piranti - piranti gamelan kasebat dipun parengaken kanggo sedoyo titah ing mercapada.
Sri Maharaja Kano yasa piranti gamelan ingkang dipun wastani salundi (kempul lan garantang (gambang)lajeng dipun sebaraken dateng masyarakat supados dipun ditiru lan dipun kembangaken,ing sak mangke surendra meniko langkung dipun sebat surendro utawi salendro
Tahun pramadi, suryasangkala kaswareng karnaguna maletik (327) masa wisaka, candrasengkala gora tri katon tawang (337) srimaharaja kano yasa lan nyebaraken tembangan - tembangan saking tembang ageng, lah meniko ingkang dados mulo bukane gending
Tahun wikrama, suryasengkala naga kacaksuh ing rana (328),masa manggakala, candrasengkala madyaning rana tri (338)andedasar piranti gamelan sakang negeri ajam, yahudi, dan hindu Sri Maharaja Kano yasa piranti tanda perang: mardangga, inggih meniko : kalakendang, sangka gong, egong, gubar (bende ingkang mboten wonten pencu-nipun),bahiri (beri mawi sanding ), puksur (rebana ingkang dipun thuthuk mawi kayu), gurnang (kenong ingkang dipun gantung), tong-tong (kendang saking gangsa, penuthuk-ipun saking kayu), grit (rebana ingkang dipun thuthuk ngagem kayu), tetek, bedug, maguru gangsa (kemodong digantung) ing sak mangke 'mardangga' dipun wastani 'pradangga'
Tahun pilapawa, suryasangkala trusta bojaning marga (529), masa wisaka, candrasengkala tataning pakarti wisaya sirna (545) dewi sugandi, putri prabu basukesti raja negeri wirata, miyosaken dewi basuwati raja ngaturi rawuh para brahmana, tapa, resi,lan sewasogata, dipun suwun puji syukur-ipun supados si jabang bayi sehat lan mbiten wonten rubedo menopo-menopo, para resi ingkang ngasto piranti rebana utawi terbang angklung, genta, kekeleng, bende, lan kentongan. Piranti kasebat ngiringi kekidungan dumaateng para jawata, sak konduripun para resi, raja nitahaken supados yasa tiruan piranti-piranti kasebat supados saged dipun main-aken kados surendra
Tahun kalayuda, suryasangkala guna makarti tata (543),masa srawana, candrasengkala trusta marganing gati ((559) prabu basukesti raja negeri wirata yasa tiruanipun saking gangsa lokanantaingkang awujud demung lan gender ingkang sak mangke ugi dipun sebaraken ing masyarakat lan dipun wastani gangsa surendra
Tahun sadaruna, suryasangkala anrus lenging naga (899), masa . . . . , candrasangkala karenga ing karna nrus wiyat (926) resi kano dari negeri ngadirejo, cilacap, kangungan niat kraman dumateng Prabu Ajipamasa ing Kediri, prabu narada, raja ngadirejo lajeng ngutus waktra lan barlu supados ngawat-awati resi kano, waktra dan baru nyamar dados pemain jantur ngasto suling yasa piyambak saking pring wratsari lan ugi ngasto sekawan manuk merak, suwantenipun suling ngagem laras kados suwantenipun manuk merak. Sak kondure dateng Ngadirejo suling dipun dados-aken salah satunggaling piranti ing gangsa surendra kaliyan piranti sanesipun ingkang laras-ipun sami kaliyan gangsa salendro, lah meniko mangke ingkang dipun wastani laras 'manyura' kagem pangeling-eling suwanten manuk merak : 'nya-ngung-ngong'
Tahun tadu, suryasangkala (1107) karengeng maletik atmajaji candrasengkala karsa tri nunggal janma, 1136, Prabu Lembu Amiluhur peputra Raden Panji Ino Kartapati utaawi raden panji kasatrian, ahli ing ilmu pengetahuan, ingkang yasa piranti awujud bonang lan saron, ugi laras-laras ingkang sanesipun
Para kadang Raden PAnji sami mbiyantu yasa, raden kartala ngasta palu ingkang ageng, raden andaga palu sedeng, pungkasanipun ugi kaliyan kadang piyambak, sak sampunipun gamelan kasebat rampung, lajeng yasa seperangkat 'laras miring' utawi ingkang kasebat 'pelog' cacahaipun lan jenis pirantinipun sami kaliyan gamelan surendro, lajeng ing sak mangke gamelan surendro disebut salendro lan pelog
Ing masa Prabu Mundingsari saking kraton Pajajaran, yasa 2 jenis gamelan kados ramanipun saking Jenggala, ingang kasebat 'sorogan kagem laras pelog' kagem mardangga ingkang kasebat 'laras barang' niru laras cina utawi siyam
Wedal meniko sampun wonten piranti kenong lan wilahan saking demung lokananta ingkang menurut critanipun cacah-ipun wonten wolu, gender kalihwelas lan gambang ugi kalihwelas
'Mareme gegindingane ngaurip Angembani gegayuhne jalmi Swanten rebaing asebab Nunggal karo getering gender Imbuh ngelangut raosing suling Nyadong marem bathos lan pikir "Oncor lapa jampine tamba"
Gendhing Laras Pélog Pathet Lima
1. Gendhing bonang Babar Layar kethuk 4 kerep minggah 8, laras pélog pathet lima
2. Gendhing bonang Bremara kethuk 2 kerep minggah 4, laras pélog pathet lima [
3. Gendhing bonang Dhenggung Asmaradana kethuk 4 kerep minggah 8, laras pélog pathet lima

Gamelan

Traditional indonesian instruments02.jpg


Gamelan salah sijining seni musik tetabuhan tradhisional asal Indonésia utamané ing pulo Jawa, Madura, Bali lan Lombok. Isi gamelan iku piranti saprangkat alat musik sing dienggo ngiringi tembang, utawa ditabuh tanpa tembang minangka klenèngan. Jinis musik iki kasebar nganti kapuloan Nusantara lan saiki malah wis kasebar warata nganti Amérika, Eropah lan tlatah liyané.
Jinis musik tradhisional liya sing mèmper karo gamelan uga ana ing Filipina, Malaysia lan Suriname. Tembung gamelan dhéwé iku asalé saka basa Jawa yaiku "gamel" maknané "tabuh".

Sajarah
Musik gamelan nduwé sajarah sing tuwa saumuran karo kasebaré budaya Hindu lan Buddha ing Nusantara utamané nalika kawanguné karajan-karajan gedhé kaya karajan Majapahit. Ing jaman Majapahit iki piranti gamelan wiwit kawangun.
Jinis
Jinis gamelan werna-werna lan kapérang miturut laras lan tlatah panyebarané.
Miturut larasé
Gamelan laras sléndro
Gamelan laras pélog
Gamelan laras prawa (Pasisir)
Miturut tlatah sumebaré
Saben dhaérah ing Nusantara nduwé gamelan sing béda-béda miturut tlatah budayané, piranti gamelan sing dianggo uga rupa-rupa lan béda-béda.
Gamelan Jawa
Gamelan Banyuwangen
Gamelan Banyumasan
Gamelan Sundha
Gamelan Crebonan
Gamelan Bali
Gamelan Malaysia

Musik
Jakarta: Keroncong Tugu.
Maluku :
Melayu : Hadrah, Makyong, Ronggeng
Minangkabau :
Aceh :
Makassar : Gandrang Bulo, Sinrilik
Piranti musik
Jawa: Gamelan.
Nusa Tenggara Wétan: Sasando.
Gendang Bali
Gendang Karo
Gendang Melayu
Gandang Tabuik
Sasando
Talempong
Tifa
Saluang
Rebana
Bende
Kenong
Serunai
Jidor
Suling Lembang
Suling Sunda
Dermenan
Saron
Kecapi
Bonang
Kendang Jawa
Angklung
Calung
Kulintang
Gong Kemada
Gong Lambus
Rebab
Tanggetong
Gondang Batak
Kecapi, kesok-Kesok Bugis-makassar, dan sebagainya

Piranti Gendhing/Gamelan

Gamelan Jawa



Piranti gamelan Jawa
Gamelan Jawa iku salah siji jinis utawa corak gamelan sing urip ing Jawa Tengah (uga Yogyakarta) lan sebageyan Jawa Wetan. Musik gamelan Jawa iki beda karo musik gamelan saka dhaerah liya, yen musik gamelan Jawa umume nduwe nada luwih lembut lan nganggo tempo luwih lambat, beda karo musik gamelan Bali sing tempone luwih cepet uga gamelan Sundha sing musike mendayu-dayu lan didominasi swara suling.

1. Gong



Gong
Gong iku salahsiji piranti gamelan Jawa sing ditabuh, digawé saka tosan lan nduwé ukuran sing gedhé dhéwé. Piranti iki biasané papané ing mburi dhéwé, digantung ing palang sing umum digawé saka kayu ukuran gedhé. Ana loro jinis gong yaiku: gong ageng lan gong suwuk.
Wujud
Wujudé bunder, permukaané rata ning ana tonjolan ing tengah-tengah.
Swara
Gong nduwé swara sing gedhé dhéwé lan nadhané paling asor tinimbang nadha piranti gamelan liyané.
Fungsi
Gong ditabuh kanggo awèh tekanan ing bagéyan tinentu (umumé akir) iringan musik gamelan, dadi arang banget ditabuh (ora terus-terusan) ning ditabuh ing selang wektu tinentu.
Prangkat musik tradhisional iki saiki nduwé fungsi liya yaiki kanggo tandha paresmian utawa pambukaan acara.

2. Kendhang




Kendhang
Kendhang iku salahsijining piranti gamelan Jawa sing ditabuh nganggo kombinasi antara tlapakan karo driji, dadi ora nganggo tabuh. Ing musik modhèrn, piranti iki digolongaké piranti perkusi. Kendhang disèlèhaké ing wadhah panyangga saka kayu sing wujudé mèmper huruf Y.
Wujud
Wujudé mèh silindher, simetris, ing salah siji sisih rada gedhé tinimbang sisih lawané. Bagéyan sing luwih gedhé umumé disèlèhaké ing tengening panabuh. Kendhang iki ukurané luwih cilik tinimbang bedhug.
Jinis
Ana 4 jinis kendhang sing umum dienggo ing gamelan yaiku: (urutan saka sing paling gedhé ukurané)
• Kendhang gendhing utawa kendhang ageng, nduwé nadha swara paling cendhèk
• Kendhang wayangan
• Kendhang batangan utawa ciblon
• Kendhang ketipung, nduwé nadha swara paling dhuwur
Fungsi
Piranti gamelan iki fungsiné kanggo ngatur irama utamané yèn arep ngowahi irama uga kanggo ngatur tempo musik supaya ajeg. Kendhang uga sok kanggo tengeran babak-babak ing reroncèn musik gamelan lan ing pérangan akir/panutup swara suwukan.
Jinis swara lan cara nabuh
Akèh jinis swara sing isa diasilaké saka piranti kendhang iki yaiku antarané:
• Dlong: swara iki metu saka tengah bagéyan kendhang sing gedhé (kejaba kendhang ketipung), ditabuh nganggo kabèh driji lan sabagéyan tlapakan sing langsung diculaké. Swara iki nduwé nadha paling cendhèk.
• Dhah: swara iki metu saka sisi utawa pinggir bagéyan kendhang sing gedhé (kejaba kendhang ketipung), ditabuh nganggo kabeh driji lan sabagéyan tlapakan tangan sing langsung diculaké.
• Thung: swara iki metu saka tengah bagéyan kendhang sing gedhé, ditabuh nganggo driji sing langsung diculaké. Yèn ing kendhang ketipung, swara iki metu saka bagéyan kendhang sing gedhé ning ditabuh nganggo jempol utawa driji panuding sing langsung diculaké.
• Ket: swara iki metu saka pérangan tengah kendhang sing gedhé, ditabuh nganggo pucuk driji utamané pucuk driji panuding, driji panunggul karo driji manis lan ora langsung diculaké (tetep nempèl) utawa nutup.
• Tong: swara iki metu saka sisi utawa pinggir bagéyan kendhang sing cilik, ditabuh nganggo pucuk driji panunggul lan driji manis lan langsung diculaké.
• Tak: swara iki metu saka bagéyan kendhang sing cilik, ditabuh nganggo kabeh driji lan sabagéyan tlapakan tangan lan ora diculaké utawa tetep nempèl, déné tlapakan tangan tengen nempèl ing bagéyan kendhang sing gedhé. Swara iki nduwé nadha paling dhuwur.
• Deng: swara iki metu saka bagéyan kendhang sing gedhé, ditabuh nganggo kabèh driji ono ing sisih pinggir kendhang. Sumber : Hari Kendhang Kabupaten Madiun.
Notasi
Notasi swara kendhang sing umum dienggo yaiku:
• Swara dlong diwakili simbol D
• Swara dhah diwakili simbol b
• Swara thung diwakili simbol p
• Swara ket diwakili simbol k
• Swara tong diwakili simbol o
• Swara tak diwakili simbol t
• Swara deng diwakili simbol B

3. Celempung




Celempung - Saka Commons
Celempung iku piranti gamelan sing dipetik, cacah senare ana 11 lan 13 pasang. Piranti gamelan iki, bareng karo siter dadi piranti utama ing gamelan siteran.
Ing pagelaran gamelan, piranti iki termasuk kelompok panerusan lan nduwe tempo sing pada garo gambang yaiku tempo cepet.
Subbagéyan2
Seratan puniki bakal dipun-cithak kandel[[[Judul pranala][[Gambar:Contoh.jpg
Teks ini akan dicetak miring == Gambar:Teks judul
________________________________________
--125.161.191.12 13:58, 8 Agustus 2007 (UTC)--125.161.191.12 13:58, 8 Agustus 2007 (UTC) == ]]]]' ===
Ukuran
Ukuran celempung dawane kira-kira 90 Cm, nduwe 4 penyangga. Dadi dibanding siter, celempung iku kira-kira ping telu luwih dawa.
Laras
Celempung disetel pasangan ing laras pelog lan slendro. Nada celempung iku seoktaf ing ngisore siter.

4. Saron



Saron - saka Commons
Saron iku salahsiji perangkat gamelan Jawa sing ditabuh. Saron iku diso'ake langsung ing wilah kayu ing loro sisi ngisore.
Ana 3 jinis saron yaiku:
• Saron panerus (ing laras slendro: Peking)
• Saron barung biasa disebut saron
• Saron demung biasa disebut demung
Wujud
Wujud wilah saron iki meh padha karo wilah gambang, bedane nek wilah saron digawe saka logam (umume sing apik perunggu), nek wilah gambang digawe saka kayu. Tabuh saron digawe saka kayu sing rada empuk, wujude kaya palu. Wilah saron ana 7, masing-masing dawane sekitar 20 cm.

5. Suling
Saka Wikipédia, Ènsiklopédhi Bébas ing basa Jawa / Saking Wikipédia, Bauwarna Mardika mawi basa Jawi
Langsung menyang: pandhu arah, golèk



Suling saka pring
Suling iku salah siji piranti musik sing disebul, fungsiné kanggo nambah swara-swara ing melodi. Ing musik gamelan Jawa suling iku nduwé 2 laras yaiku:Slendro lan Pelog.
[sunting] Wujud
Digawé saka pring, dawané kira-kira setengah meter.
[sunting] Swara
Swara suling dikasilaké amarga rongga angin digeteraké liwat sebulan angin. Frekuensi gelombangé gumantung karo ukuran dawa rongga angin sing digeteraké.

Pesindhèn/Sindhèn/Waranggana utawa Swarawati iku penyanyi ing pagelaran kasenian Jawa lan Sundha. Sindhèn iku nembang ngiringi musik tradhisional gamelan. Sindhèn kudu nduwé ketrampilan olah vokal sing apik. Sing ditembangaké umumé tembang-tembang sing pakem.
Umumé pagelaran kasenian Jawa kayadéné wayang, lengger lan liyané ngango iringan pesindhèn.

6. Gamelan Slendro



Gamelan laras sléndro Si Ketuyung, Keraton Kasepuhan, Cirebon
Gamelan Jawa iku nduwe nada-nada pentatonis, Sak prangkat gamelan kumplit iku nduwe 2 laras yaiku:
• Gamelan Sléndro
• Gamelan Pélog
Aturan
Gamelan Jawa nduwe aturan-aturan sing wis pakem antarane ketata saka pirang-pirang puteran lan pathet utawa jero cethèking swara, uga ana aturan sampak utawa cepet-rendheté laku sing wis pakem, uga ana batesan-batesan gongan lan melodine wis diatur neng bageyan-bageyan sing masing-masing ketata saka 4 nada.
Masing-masing piranti nduwe fungsi dhewe-dhewe, sing nuntun swara yaiku rebab, sing nuntun sampak diarani kendhang. Arane pemain sing nabuh gamelan iku penayagan utawa nayaga, sing nembang, arané pesinden utawa wira-swara/swarawati.
Jinis
Uga pirsani
• Piranti gamelan Jawa
• Gongan
• Balungan
• Panerusan
Pranala nJaba
• Instruments of the gamelan
• Gendhing Jawa, Notasi Gamelan gaya Surakarta.
• Mongkeyc, dolanan gamelan ing jagad maya.
• Gamelan, Orkestra a la Jawa
Macapat lan Sekar Gendhing
MACAPAT

Tembang Macapat uga diarani tembang cilik yaiku tembang kang duwe paugeran pupuh (bait), guru gatra (cacahing larikan), guru wilangan (cacahing wanda = suku kata), lan guru lagu (tibaning swara saben pungkasaning gatra (larikan) tembang utawa dong ding.

A. Kasusastran kang tinemu ing gendhing ;
1. Cakepan yaiku syair, tetembungan kang dienggo ing tembang.
2. Cengkok yaiku Lak – luking swara kanggo nglagokake tembang.
3. Gendhing yaiku swara lelagoning gamelan
4. Gamelan yaiku Piranti karawitan kanggo ngiringi tembang. Kayata ; bonang, kendhang, gong kempul, gender, gong gedhe, peking, demung, saron, kenong, slenthem, gambang, rebab, siter, lsp.
5. Laras yaiku rasa thinthingane swara cendhak nganti swara dhuwur.
6. Titi laras yaiku angka minangka gantine laras ( swara cendhak tekan swara dhuwur).
7. Pathet yaiku ukuran cendhek lan dhuwure swara kanggo nglagokake tembang.
8. Pedhotan yaiku pamedhoting swara ing tengahing tembang ing saben larik.
9. Senggakan yaiku unen – uen mawa lagu ing satengahing tembang kang binarung swaraning gendhing / pradangga
10. Swarawati yaiku waranggana, pesindhen, penyanyi putri.
11. Wiraswara yaiku penyanyi kakung
12. gerong yaiku tembang kang dilagokake bareng karo gamelan kanggo mbarengi gendhing, dene sing gerong para wiraswara / pradangga.
13. Sindhenan yaiku tetembangan kang dilagokake dening waranggana utawa pesindhen binarung swaraning gamelan / lelagoning gendhing.
14. Irama yaiku ukuran rindhik rikating penabuhing gamelan.
15. Bawa yaiku tembang kang kanggo mbukani gendhing utawa miwiti gendhing tanpa tabuhan.
16. Buka yaiku tetabuha kang kanggo bukani gendhing.

B. Watak lan pangangone tembang macapat
1. Pocung watak kendho tanpa greget saur, bisa kanggo medharake sembrana, lsp
2. Maskumambang watak nalangsa, kanggo medharake rasa prihatin.
3. Gambuh watak wani, wanuh, rumaket lan kulina. Prayogi kanggo paring pitutur, utawi sesorah ingkang ngemu raos radi sereng.
4. Magatruh watak Sedih kanggo medharake rasa memelas, getun, lan prihatin.
5. Kinanthi watak seneng, tresna, asih, grapyak, prayogi kagem suka pitutur raos tresna.
6. Asmaradana watak Watak sedhih prihatos , sengsem gandhrung. Mathuk kanggo cariyos sedhih lan asmara.
7. Mijil watak gandrung, prihatin anggone golek ilmu, metuning ras pitutur, medharake bukaning crita, mangayubagya.
8. Pangkur watak watak sereng, kejem, nantang, mathuk kanggo pitutur sereng, crita perang.
9. Durma watak Galak nantang, nesu lan muntab
10. sinom watak grapyak, sumanak, renyah.
11. Dhandhanggula watak kewes ,luwes, resep prayoga kanggo apa wae.
12. Girisa watak gagah mawanti – wanti bisa kanggo wulang wuruk, nggambarake kaendahaning alam.
13. Balabak watak sembrana cocog kanggo lelucon.
14. Wirangrong watak duwe prabawa gedhe, bisa kanggo wulang wuruk, nggambarake kaendahaning alam.
15.Juru demung watak kenes mathuk kanggo peprenesan.

Rabu, 03 Maret 2010

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT


A. PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA

Lingkungan keluarga merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia pendidikan. Karena keluarga merupakan awal terjadinya interaksi antara orang tua dan anak, sehingga pendidikan yang pertama dilakukan adalah di lingkungan keluarga. Oleh karena itu keluarga banyak berperan dalam mengembangkan pendidikan. Bimbingan dan arahan yang diberikan oleh orang tua akan mempengaruhi tahap perkembangan anaknya, anak harus diberikan kebebasan dalam bekembang sesuai dengan tahap perkembangan yang dilaluinya. Untuk itu orang tua harus memahami dan mengerti apa yang menjadi kebutuhan anaknya. Piaget membagi tahap-tahap perkembangan anak mulai dari tahap sensori motor, pra operasional konkrit dan operasional konkrit yaitu dimulai dari umur 0- sampai dengan 11 tahun. Untuk itu setiap tahap anak harus melewati sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Interaksi antara orang tua dan anak sangat diperlukan agar dalam keluarga terjalin hubungan yang harmonis.
Orang tua harus membimbing dan mengarahkan anaknya agar menjadi anak yang bertanggung jawab, disiplin dan beretika sesuai dengan norma dan keyakinan dalam keluarganya. Kebutuhan yang dibutuhkan oleh anak harus dipenuhi orang tuanya yaitu : makan, minum, pakaian, rasa kasih sayang, perhatian, rasa aman dan hiburan yang cukup. Anak juga diajak untuk berdiskusi dan saling terbuka dalam keluarga, sehingga semua keluarga bisa mengerti dan saling memahami. Tanpa adanya keterbukaan dan keharmonisan dalam keluarga maka keluarga tersebut tidak akan harmonis. Bimbingan dan didikan yang diberikan oleh orang tua akan menjadi bekal anak ketika beranjak dewasa nanti. Untuk itu faktor keluarga sangat menentukan perkembangan anak, sementara itu anak juga harus mengerti dan memahami tugas dan kewajibannya sebagai anak.
Jadi peran anak pun juga mempengaruhi keberhasilan orang tuanya dalam membimbingnya. Sehingga harus saling mengerti dan bekerjasama agar orang tua juga bisa mengarahkan anaknya, sementara anaknya juga harus menjalankan apa yang tel;ah diajarkan orang tuanya demi masa depannya nanti.

B. PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH
Sekolah merupakan tempat untuk mentransfer semua ilmu pengetahuan sekaligus untuk bergaul dengan teman-temannya. Dalam perkembangan pendidikan selama ini orang tua secara tidak langsung menyerahkan semua tanggung jawabnya kepada pihak sekolah. Peran serta orang tua terhadap sekolah sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan yang berlangsung di sekolah hendaknya sesuai dengan kondisi dan permintaan masyarakat. Pihak sekolah harus memberikan tata tertib di lingkungan sekolah agar kegiatan anak dapat terkendali.
Selain itu di sekolah juga diberikan pelajaran agama dan moral agar anak didiknya menjadi anak yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Tanggung jawab pihak sekolah sangat berat dalam mendidik siswa siswinya karena apabila tejadi suatu masalah dengan siswanya orang tua akan mengadu kepada pihak sekolah. Untuk itu antara sekolah dengan orang tua harus saling bekerja sama dan saling mengawasi terhadap anaknya, ketebatasan waktu yang ada di sekolah menjadi kendala dari pihak sekolah dalam melakukanm pengawasan dan bimbingan. Untuk menyalurkan bakat dan potensi yang dimiliki anak didiknya maka pihak sekolah harus memfasilitasinya dengan cara mengadakan pelajaran ekstrakurikuler ataupun pelatihan sesuai dengan bakat dan minat yang dikehendaki.
Dengan bimbingan dan arahan dari guru maka kemungkinan kecil terjadinya kenakalan anak dapat diatasi. Selama dalam mengikuti proses pendidikan di sekolah siswa pun diajak untuk latihan berorganisasi agar mendapatkan pengalaman dan pengetahuan. Dalam berorganisasi anak akan dilatih dalam bertanggung jawab, disiplin, menghargai pendapat orang lain, dan membentuk kepribadian dalam dirinya, agar nantinya menjadi anak baik dan berguna bagi masyarakatnya. Untuk membekali anak dalam berinteraksi dengan teman yang beda agama, beda status dalam sosial maka pihak sekolah mengadakan tali persaudaraan antar siswa di sekolah, misalnya dengan mengadakan lomba baca puisi, lomba menari, lomba baris-berbaris dan lainnya. Jadi peran sekolah dalam mengembangkan pendidikan harus ada kerja sama dari orang tua siswa agar tercapai tujuan pendidikan yang bermutu tinggi.


C. PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT
Lingkungan masyarakat merupakan tempat berbaurnya semua komponen masyarakat, baik dari agama, etnis keturunan, status ekonomi maupun status sosial. Pengaruh yang ada di masyarakat dapat mempengaruhi anak terhadap dunia pendidikan. Dengan demikian dalam pergaulan sehari-hari antara anak dengan anak dalam masyarakat juga ada yang setaraf dan ada yang lebih lebih dewasa dalam bidang tertentu. Dalam bergaul anak harus memilah teman yang akan diajak bergaul, jangan sampai salah memilih teman yang tiak beretika dan tidak sopan sesuai dengan norma yang ada di masyarakat.
Kontrol dari masyarakat juga akan membantu dalam meningkatkan peran dan minat dalam berpendidikan. Tanpa adanya ikut serta maka mustahil pendidikan akan dapat berkembang. Sehingga antara orang tua dan masyarakat harus saling memberikan dukungan dan masukan sehingga dapat tercapai pendidikan sesuai dengan permintaan masyarakat. Seiring dengan peningkatan mutu pendidikan maka pendidikan harus menyesuaikan dengan permintaan masyarakat agar pendidikan dapat tercapai dan dapat meningkatkan SDM.S

D. UMPAN BALIK ATAU HUBUNGAN ANTARA TIGA VARIABEL DIATAS
( Sekolah, Masyarakat, dan Orang Tua).
Hubungan antara tiga komponen yaitu sekolah, masyarakat dan orang tua saling berkaitan dan saling melengkapi. Orang tua berperan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anaknya dengan cara menyekolahkan di sekolah yang sudah di sediakan masyarakatnya mulai jenjang SD sampai perguruan tinggi. Sekolah yang merupakan bagian dari salah satu instansi pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan SDM. Untuk itu sekolah harus berperan dan berupaya untuk memberikan pelayanan sesuai dengan permintaan masyarakat. Kemudian sebagai kontrol dalam pengawasan pendidikan masyarakat harus memberikan masukan dan pengarahan. Agar masyarakat dapat terlibat langsung dalam pengawasannya maka hendaknya masyarakat dilibatkan dalam keanggotaan pendidikan atau dewan sekolah. Dengan adanya dewan sekolah maka semua aspirasi dan usul dari masyarakat dapat terwakilil dalam sekolah dan akan di usulkan pada pemerintah.

Selasa, 02 Maret 2010

Makalah Kepribadian Sanguinis

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam dunia pendidikan kita sebagai seorang calon guru sebaiknya mengerti tentang kepribadian diri kita sendiri dan kepribadian peserta didik. Sebab hal ini merupakan sebuah pijakan yang baik untuk mengawali suatu proses pembelajaran yang baik juga.

Pada dasarnya kepribadian dari diri seseorang merupakan suatu cerminan dari kesuksesan. Seseorang yang mempunyai kepribadian yang unggul adalah seseorang yang siap untuk hidup dalam kesuksesan. Sebab dalam kepribadian orang tersebut terdapat nilai-nilai positif yang selalu memberikan energi positif terhadap paradigma dalam menghadapi tantangan dan cobaan kehidupan. Sebaliknya, seseorang dengan kepribadian yang rendah adalah seseorang yang selalu dilingkupi dengan kegagalan.


















BAB
PEMBAHASAN
KEPRIBADIAN SANGUINIS


Dalam buku Personality Plus (Florence Littauer) dipaparkan tentang 4 macam kepribadian yaitu :
1. Sanguinis.
2. Melankolis,
3. Phlegmatis dan
4. Kholeris,

Konon 4 tipe kepribadian tersebut yang mendasari pula karakter tokoh-tokoh dalam F-4 (Meteor Garden), serial TV yang sempat booming beberapa waktu lalu. Biasanya seseorang merupakan gabungan dari beberapa kepribadian, misalnya : Melankolis-Kholeris, yang artinya dominan Melankolis dan sedikit Kholeris. Tapi bila kamu hanya mempunyai satu tipe yang dominan misalnya Sanguinis saja, berarti tipemu adalah Sanguinis sejati.

Setiap orang menginginkan kepribadian yang lebih baik. Kita semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri. Setelah kita tahu siapa diri kita maka kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain. Begitu kita memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari diri kita maka kita akan mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik.

A. Pengertian Kepribadian Sanguinis
Kepribadian sanguinis adalah kepribadian yang popular dan kepribadian yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Dia suka cerita, banyak omong ( bicara ), dan selalu menjadi pusat perhatian dari orang –orang disekitarnya. Orang sanguinis gampang bergaul dan mudah berteman. Salah satu kelemahannya adalah sifatnya yang moody, atau tergantung suasana hati. Kadang ia cepat gembira, namun tiba – tiba menangis, atau sebaliknya. Profesi yang kuat di bidang entertainment / hiburan biasanya diwarnai dengan orang – orang yang bertipe sanguinis.

Kepribadian sanguinis juga bisa disebut dengan kepribadian yang bersifat kekanak – kanakan. Dia orangnya aktif tapi tanpa pengelolahan dan emosi agak dangkal. Cepat dirangsang sehingga hidup batin agak riang tapi perasaan tidak mendalam sehingga memberi kesan kekanak – kanakan dalam arti positif dan negative. Benci pada hal rutin dan suka variasi. Lekas bosan dan suka main kupu – kupuan di bidang pekerjaan dan pemikiran.
Kepribadian ini ditandai oleh sifat yang mudah dan kuat menerima kesan atau pengaruh kejiwaan, tetapi yang tidak mendalam dan tidak tahan lama. Adapun sifat – sifat khas golongan ini ialah :
• Suasana perasaannya selalu penuh harapan
• Dengan senang menolong orang lain tetapi tidak dapat sebagai sandaran
• Dalam pergaulan peramah dan periang
• Umumnya bukan penakut, tetapi kalau bermasalah sukar bertaubat
Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh kepribadian sanguinis
1. Dalam Emosi
A. Kekuatan Emosi
 Kepribadian menyenangkan
 Suka berbicara dan bercerita
 Menghidupkan suasana pesta
 Selera humor yang baik
 Ingatan akan warna
 Antusia n dan ekspresif
 Ceria dan slalu gembira
 Penuh rasa ingin tahu
 Bermata lebar dan polos
 Hidup dimasa sekarang
 Berhati tulus
 Tetap menjadi anak – anak
B. Kelemahan Emosi
 Suka bicara
 Membesar besarkan
 Menyukai perincian
 Susah mengigat nama
 Membuat orang lain takut
 Sebagian terlalu bahagia
 Energi yang tak mau diam
 Egoistis
 Suka mengeluh
 Kekanak – kanakan
 Suara dan tertawa keras
 Dikendalikan keadaan
 Mudah marah
 Tampak palsu bagi sebagian orang
2. Dalam Kerja
A. Kekuatan Kerja
 Mengajukan diri secara suka rela
 Memikirkan kegiatan baru
 Tampak hebat dipermukaan
 Kreatif dan penuh warna
 Punya energi dan semangat
 Mulai dengan cara yang hebat
 Mengilhami orang lain untuk bergabung
 Mempesona orang lain untuk bekerja
B. Kelemahan Kerja
 Lebih suka berbicara untuk bekerja
 Melupakan kewajiban
 Tidak mengikuti sampai tuntas
 Keyakinan cepat luntur
 Tidak disiplin
 Prioritas kacau
 Memutuskan dengan perasaan
 Mudah teralihkan perhatiannya
 Membuang – buang waktu dengan bicara



3. Dalam bergaul dengan teman - teman
A. Kekuatan
 Mudah berteman
 Menyukai orang lain
 Terdorong oleh pujian
 Tampak menggembirakan
 Dicemburui oleh orang lain
 Tidak menyimpan dendam
 Cepat minta maaf
 Mencegah saat membosankan
 Menyukai kegiatan spontan
B. Kelemahan
 Benci sendirian
 Perlu menjadi pusat perhatian
 Ingin popular
 Mencari penghargaan
 Mendominasi percakapan
 Menyela dan tidak mendengarkan
 Menjawab untuk orang lain
 Tidak tetap dan pelupa
 Menyukai kegiatan
 Mengulangi cerita

Kombinasi kepribadian sanguinis antara lain :

 Sanguinis-Koleris
Tipe kombinasi sanguinis-koleris adalah tipe orang yang paling terbuka dibandingkan kombinasi kepribadian lain. Dengan sifat dominan kepribadiannya yang terbuka, optimis, dan menyukai kenikmatan, orang dengan tipe ini mampu menjadi pemimpin hebat tanpa mengorbankan aspek produktifitasnya. Tipe kombinasi ini merupakan pribadi yang mempesona, kreatif, dan berani mengambil keputusan.
Orang tipe ini sangat mudah menjalin relasi dengan orang lain dan pandai mengambil manfaat dari hubungan baik tersebut. Orang ini kadang-kadang dipandang rendah atau underdog oleh orang lain karena mungkin banyak bicara dan melontarkan humor serta terlalu mudah bergaul dengan orang lain. Namun, di balik anggapan itulah sifat bawaan tipe koleris yang ada padanya justru menjadi dominan dan dia leluasa membalikkan keadaan untuk mencapai tujuan. Orang yang punya banyak ide kreatif ini juga punya energi besar untuk mewujudkan tujuan tersebut dibandingkan dengan orang tipe sanguinis murni.
Tidak adanya sisi intelektual dan hasrat bertindak dengan cara yang benar merupakan kelemahan tipe kombinasi ini. Sifat humoris sanguinisnya dapat melukai perasaan orang lain jika dikombinasi dengan sifat kolerisnya yang suka memandang rendah orang lain. Sifat tidak suka hal-hal detail membuatnya mudah tertekan karena selalu kekurangan waktu dan tugas yang semakin menumpuk dari waktu ke waktu.
Kombinasi tipe koleris dan sanguinis akan memunculkan sifat-sifat kepribadian terbuka, yang cenderung menampilkan diri apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Hal ini berbeda dengan tipe koleris murni yang kadang-kadang bisa menyembunyikan penampilan terbukanya di balik kuatnya keinginan untuk mencapai tujuan. Orang dengan tipe kombinasi kepribadian ini mempunyai antusiasme dan optimisme yang tinggi dalam bekerja dan tidak terlalu otoriter seperti halnya tipe koleris murni atau tipe kombinasi koleris-melankolis. Disamping itu, mereka mampu menggunakan keunggulannya dalam sosialisasi dengan orang lain untuk memotivasi dan memengaruhi orang agar sejalan dengan tujuannya.
Orang ini mempunyai energi yang sangat besar untuk memulai pekerjaan baru, serta dapat menindaklanjutinya secara konsisten dan cepat seperti bawaan sifat kolerisnya. Dia juga mampu menggunakan kekuatannya untuk mengajak orang lain bekerja sama dengannya serta menyelesaikan konflik yang ada di antara mereka. Selain itu, orang ini punya jiwa kepemimpinan yang simpatik dan mampu berdebat dan bernegosiasi dengan baik serta—yang lebih penting
Lagi mampu menyakinkan orang lain bahwa dia benar.
Kelemahan tipe ini adalah mudah marah dan suka memaksakan kehendak kepada orang lain. Kemampuan melihat kebenaran dan objektifitas suatu masalah atau perangai orang lain di sekitarnya tidak sebesar tipe melankolis atau kombinasi koleris-melankolis sehingga keputusan yang diambilnya masih dipengaruhi unsur subjektifitas. Si koleris-sanguinis ini mudah marah, namun juga cepat memaafkan dan melupakannya. Jika dikritik orang lain, dia cenderung akan berdalih dan tetap tidak mau mengakuinya. Sifat negatif lainnya adalah kurangnya ketelitian dalam bekerja yang diakibatkan kombinasi dua tipe yang memang tidak suka terhadap hal-hal kecil dan detail.
 Sanguinis-Phlegmatis
Orang bertipe sanguinis-phlegmatis biasanya terbuka, optimis, mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain, dan disukai. Sisi sanguinis membuat dia kreatif, antusias, ramah, dan dapat menginspirasi orang lain. Sementara itu, sisi phlegmatisnya membuat dia berhati-hati dan sensitif terhadap perasaan orang lain. Dia menghendaki hubungan harmonis dengan orang lain dan berniat menjaga hubungan itu sebaik mungkin.
Orang tipe ini cenderung melihat ke dalam dirinya jika mengalami kejadian yang berpotensi mengganggu hubungannya dengan orang lain. Misalnya, jika seorang atasan berkata, "Kita ternyata tidak dapat mencapai target penjualan bulan ini." Bawahan yang bertipe sanguinis-phlegmatis akan berpikir, "Apakah dia marah kepada saya, ya?" Jadi, orang tipe ini mempunyai perasaan yang dua kali lebih peka dibandingkan tipe lain, dan sangat mengutamakan keharmonisan hubungan dengan orang lain. Dengan demikian, tipe ini adalah teman yang paling menyenangkan dibandingkan tipe lain atau tipe kombinasi lain karena dia mudah bergaul, kreatif, mudah diajak bersenang-senang, penuh perhatian, dan suka membantu rekan-rekannya secara spontan.
Kelemahannya adalah kurang berani mengambil keputusan, kurang terorganisasi, dan suka menunda pekerjaan. Jika beium menguasai pekerjaannya, mereka cenderung banyak omong bukannya berusaha menguasai detail pekerjaan itu. Jika akan mengambil keputusan, mereka cenderung bertanya dan meminta nasihat orang lain. Kadang-kadang mereka juga mengabaikan pandangan objektifnya sendiri karena terdorong oleh hasrat kepribadiannya yang ingin berkomunikasi dengan orang lain dan berusaha memuaskan semua pihak, termasuk menuruti saran-saran yang mungkin dalam hati kecilnya sendiri tidak disetujuinya. Akhirnya, masukan-masukan orang lain kadang-kadang justru semakin membingungkannya dalam mengambil keputusan. Kekuatannya untuk mengajak orang lain bekerja sama dengannya serta menyelesaikan konflik yang ada di antara mereka. Selain itu, orang ini punya jiwa kepemimpinan yang simpatik dan mampu berdebat dan bernegosiasi dengan baik serta yang lebih penting lagi mampu meyakinkan orang lain bahwa dia benar
Sesuai sifatnya, orang tipe sanguinis-phlegmatis sangat boros uang, terutama untuk keperluan belanja, bersosialisasi dengan teman-temannya di cafe, dan sebagainya karena dia punya hasrat besar untuk bersosialisasi dan menyenangkan pihak lain. Jika sadar bahwa keuangannya memburuk dan pekerjaannya banyak yang tertunda, yang dilakukannya hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan, atau berbelanja lagi.


B. Penerapan Kepribadian Sanguinis dalam pembelajaran

1. Guru Sanguinis
Guru sanguinis mungkin tidak sehebat potret diri kepribadian lain, tetapi prilaku mereka selalu menampakkan kesenangan. Kepribadian yang meluap-luap dan pesona mereka yang memiliki daya magnetis yang kuat. Pribadi guru ini punya sekolompok penggemar dari peserta didik yang selalu menyertai mereka. Walaupun kegiatan menyenangkan sanguinis kadang-kadang lepas kendali, sang guru sanguinis sangat pandai dalam memunculkan kepribadiannya secara menarik. Sebagai pengajar, guru sanguinis cenderung menjadi guru menggembirakan, membujuk dan mengilhami, tetapi mudah lupa dan kurang baik dalam persiapan dan ketuntasan dalam pengajaran.
2. Murid Sanguinis
Mengenal Murid Sanguinis
• Kenali kesulitan mereka dalam menyelesaikan tugas
• Sadarilah mereka bicara tanpa berpikir lebih dulu
• Sadarilah mereka menyukai variasi dan fleksibelitas
• Bantulah mereka agar tidak menerima lebih dari yang bisa mereka lakukan
• Jangan harapkan mereka mengingat janji pertemuan atau tepat pada waktunya
• Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang dapat mereka raih
• Ingat bahwa mereka orang yang terpengaruh oleh keadaan
• Bawakan mereka hadiah: Mereka menyukai mainan baru
• Terimalah kenyataan bahwa mereka mendapatkan kesenangan dari apa yang akan memalukan orang lain
• Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik



























BAB III
PENUTUP


Kesimpulan


Kepribadian sanguinis itu merupakan bentuk kepribadian yang popular namun selain itu juga sanguinis merupakan bentuk kepribadian yang kekanak - kanakan. Kepribadian ini ditandai oleh sifat yang mudah dan kuat menerima kesan atau pengaruh kejiwaan, tetapi yang tidak mendalam dan tidak tahan lama.
Dalam pembelajaran, kepribadian sanguinis bagi guru dapat menjadi pembujuk, menciptakan suasana senang, di gemari oleh muridnya, dll. Dan kita sebagai calon guru harus dapat mengenali murid tipe sanguinis seperti kesulitan dalam mengerjakan tugas, memberikan pujian, agar sesuai dalam memberikan pembelajaran.

















BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Kepribadian dan perubahannya oleh M.A.W Brouwer dkk, Edisi dua.
Psikologi Kepribadian oleh Sumadi Suryabrata( BA, Drs, MA, EdS,Ph.D ) Universitas Gajah Mada.
Artikelkamal.blogspot.com/2009/04/sanguinis.html
Kombinasi 4 kepribadian (sanguin melankolis plegmatis kolerisoleris)
Dipasang: Monday 24 August 2009 - Komentar 8 [ Komentar ] - Jejak Balik 0 [ Jejak Balik.

TUGAS PROFESI KEGURUAN

1. Pengertian Kompetensi

Kompetensi secara umum (Departemen Pendidikan Nasional (2006 : 2)) :
• Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki peserta didik.


Pengertian kompetensi secara khusus ( Menurut Surya dkk (2004 : 4.24)) :
• Kompetensi adalah seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan penampilan unjuk kerja sebagai guru secara tepat.


2. Macam – macam Kompetensi

Dalam UU Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen ( pasal 10 ayat 1 ) kompetensi guru dikelompokan menjadi 4 kelompok, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, sebagai berikut :

a. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Termasuk kedalam kemampuan ini antara lain sub – sub kemampuan :
1. Menata ruang kelas
2. Menciptakan iklim kelas yang kondusif
3. Memotivasi siswa agar bergairah belajar
4. Memberi penguatan verbal maupun non verbal
5. Memberikan petunjuk – petunjuk yang jelas kepada siswa
6. Tanggap terhadap gangguan kelas
7. Menyegarkan kelas jika kelas mulai lelah

b. Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Termasuk dalam kemampuan ini antara lain sub – sub kemampuan :
1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Memahami tujuan pendidikan dan pembelajaran
3. Memahami diri ( mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya )
4. Mengembangkan diri
5. Menunjukan keteladanan kepada peserta didik
6. Menunjukan sikap demokratis, toleran, tenggang rasa, jujur, adil, tanggungjawab, disiplin, santun, bijaksana dan kreatif.

c. Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efesien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua atau wali peserta didik dan masyarakat sekitar. Termasuk kedalam kemampuan ini adalah sub – sub kompetensi :
1. Luwes bergaul dengan siswa, sejawat dan masyarakat.
2. Bersikap ramah, akrab dan hangat terhadap siswa, sejawat dan masyarakat.
3. Bersikap simpatik dan empatik
4. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial

d. Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam.
Dirjen Dikti Depdiknas :
Menurut Dikti (2006 : 7) sosok utuh kompetensi profesional guru (dalam hal ini guru SD) terdiri atas kemampuan :
1. Mengenal secara mendalam peserta didik yang hendak dilayani.
2. Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajaran lima mata pelajaran di SD baik dari segi :
a. Substansi dan metodologi bidang ilmu, maupun
b. Pengemasan bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum SD.
3. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yang mencakup :
a. Perancangan program pembelajaran berdasarkan serentetan keputusan situasional.
b. Implementasi program pembelajaran termasuk penyesuaian sambil jalan berdasarkan on-going transactional decisions berhubung reaksi unik dari peserta didik terhadap tindakan guru.

4. Mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan. Kompetensi profesional guru SD yang dikemukakan dikti banyak kemiripannya dengan yang dikemukakan Dikdasmen.